Tanda-tanda awal kehamilan. Jika anda sering membayangkan, kapan akan hamil?. Setidaknya harus kita ketahui tahu kira-kira apa saja tanda kehamilan itu. Selain terlambat haid, tanda-tanda awal dan gejala kehamilan bisa diketahui dengan beberapa sinyal berikut:

Payudara bengkak. Pada awal kehamilan perubahan hormonal bisa membuat payudara anda lembut, sensitif atau sakit. Atau payudara Anda mungkin merasa lebih penuh dan lebih berat.

Mual dengan atau tanpa muntah. Tanda mual ini sudah banyak diketahui masyarakat. Sedangkan penyebab mual selama kehamilan tidak jelas, mungkin peran hormon-hormon kehamilan yang menentukan rasa mual. Selain itu Ibu hamil juga menemukan bahwa bau yang tidak pernah mengganggu mereka sebelumnya menyebabkan mual.

Peningkatan buang air kecil. Jika anda merasa sering buang air kecil tidak seperti biasanya, itu tanda sebuah kehamilan.

Kelelahan. Jika anda merasa mudah lelah, itu bisa jadi sebuah tanda kehamilan. Sebab tingkat hormon progesteron saat hamil pertama jadi melambung, yang dapat membuat tubuh anda merasa mengantuk.

Penghindaran makanan atau ngidam. Bila anda sedang hamil, Anda mungkin menemukan diri ingin makan makanan tertentu. Seperti ngidam anggur, apel, pir, jeruk, mangga, dll. Dengan adanya ngidam sejumlah makanan tertentu ini dapat dihubungkan dengan perubahan hormonal.

Flek darah. Jika anda menemukan sedikit bercak darahan di vagina adalah salah satu tanda-tanda pertama kehamilan.Dikenal sebagai pendarahan implantasi, hal itu terjadi ketika telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim, sekitar 10 sampai 14 hari setelah pembuahan. Pendarahan implantasi umumnya berlangsung untuk waktu yang singkat dan terjadi sekitar waktu periode menstruasi. Namun, pendarahan implantasi biasanya jauh lebih ringan dari menstruasi.

Kram. Ada beberapa wanita yang mengalami kram rahim ringan di awal kehamilan.

Perubahan suasana hati. Banyaknya jumlah hormon dalam tubuh anda di masa awal kehamilan, hal ini bisa membuat anda luar biasa emosional dan cengeng. Ini bisa jadi anda mengalami kehamilan.

Pusing. Kehamilan menyebabkan pembuluh darah anda melebar dan tekanan darah anda menurun. Akibatnya, anda mungkin menemukan diri anda merasa pusing.

Sembelit. Perubahan hormon dapat menyebabkan kinerja sistem pencernaan anda untuk lambat, yang dapat menyebabkan sembelit.


Demikian beberapa tips mengetahui tanda-tanda awal kehamilan. Semoga bermanfaat